Membangun

Membantu Membangun Sistem Keamaan Komputer Jaringan Yang Terbaik.

Menjaga

Menjaga Sistem Keamanan Komputer Jaringan Yang Terbangun.

Mempertahankan

Mempertahankan Sistem Komputer Jaringan Yang Terbangun.

Mempelajari

Mempelajari Untuk Pengembangan Selanjutnya.

Mengkomunikasikan

Secara Sukarela Menginformasikan Dan Mengkomunikasikan Segala Temuan.

Minggu, 02 Agustus 2015

Tim Raspi Perintis demo Raspberry PI di Hadapan Menteri KOMINFO

Tepatnya pada acara dialog antara Netizen Indonesia dengan Menteri Kominfo Rudiantara di Kediaman Dinasnya pada akhir Juli  2015, Tim Raspi Perintis (Pegiat Raspberry PI Indonesia) mendapatkan kesempatan untuk mendemokan Layanan Server Mini VOIP dengan menggunakan Raspberry PI dengan kode Proyek "Martapura".

Dengan perlengkapan yang sederhana, yaitu dengan sebuah telephone SIP dan sebuah router wifi dan Raspberry PI yang telah di Installasi sistem VOIP yaitu aplikasi Open Source Asterisk dengan tambahan Codec hasil modifikasi dari FFMEG, maka sistem VOIP sederhana ini sudah dapat bekerja dengan baik.

"Martapura" sebagai satu produk "oprekan" andalan dari Tim Raspi Perintis adalah sebuah Prototype penggunaan Komputer Mini Raspberry PI yang dijadikan sebuah Mini Server VOIPyang sangat cocok di gunakan untuk menangani layanan Telephone VOIP yang berada di wilayah yang tidak terdapat sinyal mobile phone.

Dengan menggunakan  Frekuensi WIFI 2.4 Ghz pada router WIFI yang telah disambungkan dengan Telephone SIP dan Raspberri PI "Martapura" maka komunikasi VOIP dengan menggunakan teknologi SIP dapat dilakukan dengan baik . Pengguna layanan ini bukan saja dapat mengakses layanan VOIP ini dengan menggunakan Telphone SIP saja namun dapat pula diakses dengan menggunakan PC Komputer dan Android Smartphone.

Selain mampu mendistibusikan layanan telekomunikasi suara, "Martapura" ini dapat pula mendistribusikan sistem Video Call .Dengan satu produk "oprekan" lainnya yaitu "Sumbawa" sebuah Client Video Call dengan menggunakan Televisi Analog lama . Maka proses Telekomunikasi Video Call dari Android Smartphone dengan "Sumbawa" dapat dapat dilakukan , dan tampilan Video Call ditampilkan pada layar Televisi Analog.

Baca tentang Martapura disini dan Sumbawa disini.

2 komentar:

  1. Sungguh pemanfaat teknologi yang tepat Guna..Sangat membantu untuk desa yang memiliki keterbatasan terhadap jangkauan sinyal provider

    BalasHapus
  2. Dengan pemanfaatan peralatan sederhana kini desa pun bisa melakukan video call.. Semoga implementasi teknologi Ini dapat diperluas ke desa-desa lain di Indonesia. Terimakasih Salam sukses Perintis

    BalasHapus